Sunday

Wisata Kuliner Bandung yang paling Khas

Wisata Kuliner Bandung yang paling Khas apa saja ya? Pasti banyak sekali dan tentunya nikmat untuk disantap apalagi di waktu lapar melanda perut, namun bukan berarti kuliner yang akan saya sebutkan nanti merupakan kuliner yang hanya cocok saat lapar saja akan tetapi juga cocok untuk ngemil meskipun perut tidak lapar.
Bandung merupakan kota di Jawa Barat yang lengkap karena selain bisa mengunjungi spot wisata dan tempat belanja, juga bisa menikmati kulinernya yang paling khas dari Bandung. Setelah lelah berjalan-jalan menyusuri kota Bandung dan menikmati keindahan kota Bandung, tentu anda tidak ingin melewatkan kulinernya yang unik dan menggugah selera makan dan juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Berikut saya ulaskan sedikit tentang kuliner di Bandung, dan apa saja jenisnya.

Wisata Kuliner Bandung yang paling Khas

Batagor
Baso Tahu Goreng atau disingkat dengan Batagor. Kuliner ini memang salah satu kuliner khas Bandung yang sudah tidak asing lagi di lidah pecinta kuliner, karena saking khasnya maka tak jarang kita temui penjual batagor keliling maupun tetap di berbagai kota di Indonesia.

Mie Kocok Bandung
Hidangan berupa mie kuah yang mana kuahnya tercampur dengan kaldu kaki sapi yang sangat terasa lemaknya, selain itu juga berisi pelengkap lainnya seperti potongan kaskus kecil dan taoge.

Lotek Bandung
Makanan Lotek ini juga sudah sangat khas dan banyak yang menjajakan kuliner yang satu ini, bukan hanya di Bandung saja tapi sudah banyak terdapat di kota-kota lain khususnya di wilayah Jawa Barat. Kuliner lotek ini menyerupai pecel namun rasa manis lebih mendominasi makanan ini. Lotek pada umumnya disajikan berupa sayuran yang terdiri dari potongan kacang panjang, labu syam, taoge, dan diberi tambahan kerupuk kuning bulat kecil. Selain bisa di santap langsung bisa menggunakan tambahan lontong ataupun nasi putih.

Surabi Bandung
Bentuk dan pengolahannya sama dengan serabi pada umumnya, namun yang lebih membedakan kuliner jajanan Surabi Bandung ini ialah kuah untuk siraman kue serabi tersebut, setiap daerah berbeda-beda sesuai dengan ciri khasnya masing-masing.

Gepuk
Sesuai dengan namanya, gepuk adalah makanan yang berbahan dasar daging sapi yang di Gepuk (dipukul) hingga empuk sebelum di jadikan masakan. Kuliner ini bukan hanya terkenal di Bandung saja akan tetapi sudah menjadi kuliner khas di Jawa Barat.

Cireng
Aci di Goreng, itulah yang dinamakan Cireng. Makanan ini terbuat dari bahan dasar Aci (tepung kanji) yang dibentuk sesuai ciri khas masing-masing namun pada umumnya berbentuk bulat pipih. Kuliner cireng ini biasanya diciptakan dalam berbagai varian rasa.

Wajit
Jajanan ini sangat cocok untuk oleh-oleh ketika berkunjung di Bandung. Wajit ini jajanan yang unik dan tentu nikmat sekali karena selain bungkusnya yang khas dari kulit jagung, jajanan ini juga memiliki rasa yang manis dan gurih yang terbuat dari ketan, kelapa, dan gula merah.

Nah, itulah beberapa makanan khas Bandung yang bisa saya sampaikan, dan setelah anda menikmati makanan diatas, tentu anda juga ingin merasakan minuman khas yang bisa menyegarkan tubuh. Silahkan simak minuman apa saja yang bisa dinikmati ketika di Bandung.

Bajigur
Minuman hangat yang bernama bajigur ini merupakan minuman yang banyak digemari para penikmat kuliner apalagi di musim dingin atau penghujan, karena rasa yang diciptakan minuman ini bisa menyegarkan dan membuat tubuh terasa hangat.

Bandrek
Bandrek merupakan minuman yang tidak jauh dari bajigur yang sama-sama minuman penghangat tubuh, jadi jika anda sedang berada di saat cuaca dingin, bandrek juga bisa dijadikan minuman penghangat.

Es Goyobod
Berbeda dengan minuman sebelumnya, Minuman ini merupakan minuman khas Bandung yang bisa melepas dahaga saat panas terasa di tubuh. Minuman ini terdiri dari sekoteng, roti, alpukat, susu kental manis, santan, dan es serutan, dan arti dari goyobod sendiri adalah campuran minuman tersebut yang dibentuk seperti agar-agar yang terbuat dari tepung sagu aren.

Demikian sedikit ulasan tentang kuliner Bandung dari saya, dan yang lebih penting ketika anda menikmati semua kuliner diatas tentu suasana wisata anda akan semakin lengkap dan memberi kesan menarik tentang apa yang ada di Bandung.

Postingan Terkait

Maaf untuk komentar disertai link hidup sengaja saya hapus dan tidak ditampilkan, harap dimaklumi.